• (Tlp) 0859-7278-8032
  • (Wa) 0859-4633-3794
  • yayasankmm@gmail.com

Amalan di Bulan Suci Ramadhan


mockup-with-ramadan-concept_23-2148121568.jpg

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh ampunan, oleh karenanya sangat istimewa. Berbagai umat Muslim berlomba-lomba untuk meningkatkan amalannya. Hal ini karena setiap ibadah atau perbuatan baik yang dilakukan akan menjadi sumber pahala, yakni dilipat gandakan setiap pahala yang didapatkan.

Nah, berikut ada amalan yang bisa dilakukan di bulan suci Ramadhan. Yuk, simak ulasannya:

  • I’tikaf

Bulan Ramadhan merupakan waktu melakukan berbagai macam ibadah yang di mana akan diganjar pahalanya berkali-kali lipat lebih besar dari hari biasa. Kenikmatan bulan Ramadhan pun salah satunya merasakan malam Lailatul Qadar, yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam Lailatul Qadar ini datang pada 10 hari menjelang berakhirnya bulan Ramadhan. Biasanya datang pada malam ganjil. Oleh karenanya banyak orang melakukan o’tikaf di masjid dalam mendekatkan diri kepada ALLAH SWT di masjid untuk melakukan ibadah sebanyak mungkin.

 

  • Memberi makan orang berbuka puasa

Amalan selanjutnya yang bisa dilakukan ialah menyiapkan hidangan atau memberi makan orang berbuka puasa. Sebagiamana riwayat tentang pahala memberi hidangan berbuka untuknya. Dari Zaid bin Khalid Al Juhani berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang memberi makan orang yang berbuka, dia mendapatkan seperti pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun” (H.R. At-Tirmidzi)

 

  • Zakat Fitrah

Setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa Ramadhan, maka amalan yang bisa dilakukan selanjutnya dan terbilang wajib ialah menyempurnakan puasa adalah Zakat Fitrah.

Hadits Ibnu Umar bahwasanya:

 “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mewajibkan zakat fitrah sebanyak satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum, atas budak dan orang merdeka, laki-laki dan perempuan, anak kecil dan orang besar dari kalangan orang Islam. Dan beliau memerintahkan agar ditunaikan sebelum orang-orang pergi menunaikan shalat ” (HR. Bukhari dan Muslim)

Yuk, sempurnakan puasa Ramadhan kali ini!

 

Sumber foto:

https://www.freepik.com/free-psd/mockup-with-ramadan-concept_4214126.htm

Comments

Leave a Comment

tidak bisa baca kode? klik DISINI untuk refresh.

Categories

Berita Terbaru

YKMM Peduli Korban SEMERU

Bencana Alam Gunung SemeruSabtu 4 Desember 2021, pukul 13.30 WIB Gunung Semeru memuntahkan

Australia Vs Burung Emu (Emu War)

Setelah Perang Dunia I, banyak veteran dari Australia dan beberapa veteran Britania yang b

Wow Fakta Lebah Madu!!!

Lebah madu telah di kenal oleh manusia sejak zaman budaya-budaya kuno beberapa ribu tahun