• (Tlp) 0859-7278-8032
  • (Wa) 0859-4633-3794
  • yayasankmm@gmail.com

Sebelum Ada Powerpoint, Begini Cara Para Karyawan NASA Presentasi


NASA.png

Mungkin kamu termasuk orang yang beruntung karena hidup di masa kini. Di mana semua sudah serba canggih dengan bantuan teknologi mutakhir. Contoh sederhananya saja, saat kamu presentasi di kampus, kamu dipermudah dengan adanya Microsoft Power Point.

Bisakah kamu bayangkan bagaimana para ilmuwan harus bekerja sebelum ada Power Point?

Dilansir brilio.net dari boredpanda, Jumat (10/6), kembali pada tahun 1961, ternyata ilmuwan NASA harus mempresentasikan segala sesuatu yang berhubungan dengan luar angkasa hanya dengan papan tulis dan kapur! Nggak tanggung-tanggung, papan tulisnya super besar hingga mencapai lebih dari 3 meter tinggginya, sehingga diperlukan tangga untuk menulisnya!

Namun percaya atau tidak, di tahun yang sama Amerika Serikat berhasil mengirimkan astronot pertama ke luar angkasa. Itu semua membuktikan bahwa otak manusia lebih hebat dari teknologi, lho !! Sebelum ada yang namanya Powerpoint ataupun Prezin, para karyawan NASA harus menyampaikan pekerjaan mereka dengan cara yang cukup rumit. Dengan menggunakan kapur, papan tulis serta tangga.

Foto ini diambil oleh J. R. Eyerman dari LIFE Magazine. Ia meminta para karyawan mengisi papan dengan persamaan-persamaan yang cukup rumit untuk memperoleh foto ini. Sebelum pengembangan komputer elektronik seperti yang kita ketahui sekarang, istilah 'komputer' ditujukan untuk orang-orang yang melakukan perhitungan matematika secara manual seperti pada foto tersebut.

Setelah melakukan perhitungan dengan persamaan barulah nanti lo menemukan persamaan baru yang bisa lo gunakan untuk membuat grafik. Dan setelah itu memindahkannya ke papan tulis agar bisa dilihat oleh orang banyak. Agar memudahkan pekerjaan, pemindahan perhitungan dari kertas ke papan tulis pun dikerjakan oleh banyak orang. Rumit juga ya!

Comments

Leave a Comment

tidak bisa baca kode? klik DISINI untuk refresh.

Categories

Berita Terbaru

YKMM Peduli Korban SEMERU

Bencana Alam Gunung SemeruSabtu 4 Desember 2021, pukul 13.30 WIB Gunung Semeru memuntahkan

Australia Vs Burung Emu (Emu War)

Setelah Perang Dunia I, banyak veteran dari Australia dan beberapa veteran Britania yang b

Wow Fakta Lebah Madu!!!

Lebah madu telah di kenal oleh manusia sejak zaman budaya-budaya kuno beberapa ribu tahun