• (Tlp) 0859-7278-8032
  • (Wa) 0859-4633-3794
  • yayasankmm@gmail.com

Seperti Inilah Wujud Hardisk Pertama Kali Diciptakan


hadd.png

Mungkin kamu bakal terkejut saat mengetahui pada tahun 1956 silam, IBM berhasil membuat media penyimpanan alias Hardisk bernama IBM 305 RAMAC (Random Access Method of Accounting and Control). Hardisk ini ukurannya 1,5 meter persegi dan bobotnya nyaris 1 ton! Tapi kapasitas sangat kecil terutama jika dibandingkan dengan kapasitas media penyimpanan saat ini, yaitu hanya mampu menampung data sebesar 5MB.

Hardisk ini tak diperjualbelikan, perusahaan IBM saat itu hanya melayani penyewaan dengan harga 3200 Dolar per bulan atau setara dengan 28 ribu dolar per bulan jika dikonversikan dengan inflasi saat ini. Saat ini kita mungkin dengan santai menenteng USB disk 1GB dengan ukuran gantungan kunci. Tapi bagaimana dengan Hardisk pada 1956? Seperti dilansir dari Retronaut, pada September 1956 IBM meluncurkan produk superkomputer pertama bernama 305 RAMAC. Superkomputer pertama tersebut dilengkapi hard disk drive (HDD).

Namun siapa sangka kalau kapasitas penyimpanan sangat kecil (bagi ukuran saat ini, namun sudah besar untuk saat itu. HDD di 305 RAMAC memiliki berat satu ton dan kapasitas penyimpanan data sebesar 5MB. Tentu saja sangatlah 'lucu' jika membandingkan 305 RAMAC dengan teknologi HDD saat ini. Jadi, janganlah Anda membandingkannya.

Comments

Leave a Comment

tidak bisa baca kode? klik DISINI untuk refresh.

Categories

Berita Terbaru

YKMM Peduli Korban SEMERU

Bencana Alam Gunung SemeruSabtu 4 Desember 2021, pukul 13.30 WIB Gunung Semeru memuntahkan

Australia Vs Burung Emu (Emu War)

Setelah Perang Dunia I, banyak veteran dari Australia dan beberapa veteran Britania yang b

Wow Fakta Lebah Madu!!!

Lebah madu telah di kenal oleh manusia sejak zaman budaya-budaya kuno beberapa ribu tahun